Menghafalkan urutan warna kabel UTP

Artikel ini ku tulis berdasarkan pengalaman pribadiku yang pada jaman dahulu kala bersama temen-temenku sering memasang jaringan komputer di sekolah-sekolah di Jogja. Kegiatan tersebut sering aku lakukan ketika aku masih aktif di tempat usaha kecil-kecilanku di bidang komputer ( Alvise Elcomsell ). Oke kita mulai ja..

Pernahkan kamu merasa bingung untuk menghafal urutan pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45? Kalo kalian merasa bingung berarti sama dengan aku. Tapi itu dulu.. Pada jaman dahulu kala awal-awalnya aku selalu membawa contekan setiap mau memasang kabel ke konektor RJ45. Dari itulah rasa maluku muncul coz pas pemasangan kabel aku selalu buka contekan. Akhirnya aku mulai berusaha agar bisa menghafal urutan warna kabel tersebut. Ok deh akan aku bagi pengalamanku ini ke pembaca semua. Sebenernya kita bisa aja memasang kabel tersebut sesuai keinginan kita asalkan urutannya sama (untuk tipe Straight-Through). Tapi lebih enaknya kan ngikutin standar internasionalnya aja to?? Denger-denger juga tiap warna kabel di kabel UTP memiliki impedensi yang berbeda-beda. So aku ikuti aja urutan warna yang ada di buku JARKOM dari kampusku.

Punya -Oleh Oleh Pakis-Haji Buat Para-Bapak Haji Pe-Cinta Cinderamata..

Lucu gak kalimat tersebut??? aneh to?? tapi jangan salah.. Kata-kata itu sungguh mujarab…😀 Kata-kata itu aku peroleh dari hasil semediku 30 hari 30 malam. hehe.. bercanda kok. Begini sebenernya, kata-kata itu aku peroleh setelah aku merasa malu jika pada saat memasang kabel ke konektor RJ45 selalu mencontek buku. Berbagai kata akucoba rangkai untuk dapat menghafal urutan warna pemasangan kabel UTP tipe Straight-Through. Ya akhirnya dapatlah kata itu walaupun aneh tapi cukup bermanfaat juga untuk menghafal urutan warnanya. Tapi ngomong-ngomong udah tahu belum urutan kabelnya dari membaca kalimat tersebut?? OK deh aku jelasin!! Gini lho..

Punya-Oleh Oleh

Punya-Oleh ( berarti kabel 1 : Putih Oranye)

Oleh (berarti kabel 2: Orange)

Pakis-Haji

Pakis-Haji (Kabel 3 : Putih Hijau)

Buat Para-Bapak Haji

Buat (kabel 4: Biru)

Para-Bapak (kabel 5: Putih Biru)

Haji (kabel 6: Hijau)

Pe-Cinta Cinderamata

Pe-Cinta (kabel 7: Putih Coklat)

Cinderamata (kabel 8: Coklat)

Gimana? unik gak? Ya… mudah-mudahan kalimat singkat ini dapat membantu kalian yang kebingungan menghafal urutan warna pemasangan kabel jaringan “tipe straight-through” ke konektor RJ45.

©bayu andi winangsit

2 Responses

  1. Gimana kalau ternyata temen kite ada punya cite2 utkbelajar service kompu/ elektronik lainya, ada kesulitan kagak tuk mendapat Pakis Haji?

  2. Mantap Bosss….terusskan nebarin ilmu diblog mu ini…asal jangan nebarin dosa..hahahahha

Leave a Reply

